Beranda Nasional Hari Terakhir Operasi Zebra, Satlantas Polresta Denpasar Gelar Gebyar Lempuyang Berbagi

Hari Terakhir Operasi Zebra, Satlantas Polresta Denpasar Gelar Gebyar Lempuyang Berbagi

oleh Firmansyah

NTMC POLRI – Jajaran Satlantas Polresta Denpasar menggelar gebyar “Zebra Lempuyang Berbagi”, sebagai rangkaian akhir dari kegiatan Operasi Zebra Lempuyang 2020. Gebyar ini berlangsung di parkir timur Lapangan Renon, Denpasar, Minggu (8/11/2020) sekitar pukul 07.30 Wita.

Di lokasi gebyar, petugas Polantas menghimbau masyarakat untuk mematuhi atau menerapkan protokol kesehatan (prokes) yakni mengenakan masker, mencuci tangan, jaga jarak dan tidak berkerumun agar tidak tertular virus mematikan tersebut.

Masih dilokasi gebyar, petugas Polantas secara humanis mengundang masyarakat yang berolahraga, pengguna jalan yang melintas dan driver ojek online untuk membagikan masker, handsanitizer gratis ke masyarakat.

Tak luput dari perhatian, dilokasi gebyar juga disediakan makanan mie instan gratis, dan minuman kopi yang tinggal diseduh dan dinikmati masyarakat.

Gebyar tersebut dihadiri Kapolresta Denpasar Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan. Perwira melati tiga dipundak itu diperkenankan membuka acara dengan melepas iring-iringan anggota PJR Satlantas Polresta Denpasar untuk berbagi ke masyarakat.

Dalam wawancara ke awak media, Kombes Jansen mengatakan hari ini adalah akhir dari kegiatan Operasi Zebra Lempuyang 2020 yang sudah dilaksanakan selama 14 hari.

Diterangkannya, operasi zebra tahun ini sangat berbeda dibanding tahun sebelumnya. Dimana, operasi zebra kali ini dominan mengedepankan kegiatan teguran simpatik, sesuai arahan Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose.

“Operasi Zebra tahun ini hanya bersifat peneguran dan memberikan saksi berupa teguran lisan kepada para pengguna jalan yang melanggar,” tegasnya didampingi Kasatlantas Polresta Denpasar AKP Taufan Rizaldi SIK.

Dijelaskannya, selama operasi zebra anggota Polantas Polresta Denpasar sudah membagi-bagikan ribuan masker, brosur keselamatan berlalulintas, stiker “ayo pakai masker” untuk mencegah meluasnya penyebaran wabah pandemi.

“Operasi zebra sebelumnya ada tindakan tilang, tapi untuk kali ini sesuai arahan Bapak Kapolda Bali dan Dirlantas hanya dalam bentuk simpatik,” jelas mantan Wakapolres Badung ini.

Menurutnya, dalam rangkaian akhir pelaksanaan Operasi Zebra ini, pihak Polantas Polresta Denpasar menggelar gebyar “zebra lempuyang berbagi”. Dimana gebyar ini bertujuan untuk berbagi ke masyarakat sekaligus sosialisasi protokol kesehatan covid-19.

“Gebyar ini dalam rangka berbagi kepada saudara-saudara kita di masa pandemi covid-19. Ditengah kepedulian ini kami menghimbau agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan salah satunya hari ini, kita berbagi makanan. Dalam bahasa gaulnya operasi perut lapar,” terang Kombes Jansen yang pernah menjabat Wadireskrimsus Polda Papua Barat itu.

Related Articles