Beranda Artikel Rilis Pengungkapan Begal Sepeda, Kapolda: Pelaku Rata-rata Pengangguran

Rilis Pengungkapan Begal Sepeda, Kapolda: Pelaku Rata-rata Pengangguran

oleh Faris

NTMCPOLRI – Polda Metro Jaya baru saja melakukan pengungkapan kasus begal sepeda. Sejak bulan September lalu, tercatat polisi telah mengamankan 10 orang tersangka begal sepeda dari 6 tempat kejadian perkara.

Polisi menyebut, rata-rata pelaku begal sepeda merupakan pengangguran yang beraksi secara individu.

“Untuk para pelaku dari 10 orang ini rata-rata pengangguran. Ada juga yang di bawah umur. Lainnya sampai saat ini masih sifatnya perorangan tidak ada dari kelompok geng motor,” kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Nana Sudjana kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Selasa (3/10).

Beberapa di antara mereka bahkan pernah melakukan aksi lebih dari sekali. Karena pembegalan semakin marak dalam 2 bulan belakangan ini, polisi minta masyarakat proaktif dengan melaporkan kejadian pembegalan sepeda ini. Pasalnya, beberapa kasus terjadi di Ring 1 Istana Negara.

“Di antara pelaku tidak hanya satu kali melakukan begal. Kami harap masyarakat supaya melapor ke kepolisian dari tingkat polsek ke polda,” kata Nana.

Menurut Nana, pelaku beraksi dengan mengincar para pesepeda yang terpisah dari rombongannya. Karena terpisah, mereka jadi sasaran empuk para begal ini.

Sehingga ia tidak menganjurkan masyarakat bersepeda sendiri-sendiri. Mereka disarankan untuk berangkat dan pulang bersama rombongan, namun tetap menjaga jarak.

“Kemudian saya mengimbau masyarakat setiap bersepeda tidak sendirian tapi ada beberapa orang atau berkelompok, tapi tetap jaga jarak karena masih pandemi,” tutup Nana.

Related Articles